HILANGKAN TRAUMA DENGAN MEDITASI

Setiap individu manusia pasti pernah memiliki pengalaman yang buruk. Dan hal-hal itu tak jarang menimbulkan suatu efek yang bernama "TRAUMA" secara otomatis. Demikian juga dengan saya pribadi.
Banyak sekali jenis trauma yang saya punya...(confession nih..).
Diantaranya adalah trauma dengan seekor kucing lantaran sewaktu kecil saya pernah diterkam sama si kucing tetangga. Rasa kaget plus luka bekas terkaman itulah yang paling membuat saya ngeri dan trauma yang berkepanjangan. 
Kemudian saya juga punya trauma menonton pertandingan voli. Aneh ya kedengarannya? tapi ini benar-benar membuat saya emoh bila diajak pergi menonton pertandingan sembarang olahraga yang menggunakan bola. Lho koq bisa?
Iya, saudara-saudara. Dulu saya pernah menjadi supporter pertandingan bersama teman-teman saya. Entah bagaimana ceritanya, tiba-tiba si bola ini menghantam muka saya sehingga saya terjatuh lalu tak sadarkan diri. Dan akhir-akhir ini, saya sedang mengalami trauma sama rumah sakit hanya karena nyawa adik saya yang paling kecil nan cantik dan umurnya belum dua tahun, tidak tertolong di meja operasi. Mungkin trauma semacam ini menurut anda sangat keterlaluan tapi ini sungguh menjadi trauma emosional bagi saya. Mengapa bisa begitu? Inilah penjelasannya :

Apa definisi Trauma? 
Ada dua jenis trauma, salah satunya adalah berkaitan dengan respon fisik dari tubuh untuk luka atau cedera dan yang lainnya adalah berhubungan dengan stres mental disebabkan karena pikiran dan perasaan menakutkan menyakitkan. Nasional Institut Kesehatan Mental telah menggambarkan trauma mental sebagai berikut: Ini adalah respon pikiran 's untuk cedera serius. Ini menghasilkan perasaan yang kuat, yang juga dapat menyebabkan Perilaku yang ekstrim; seperti ketakutan yang intens atau tidak berdaya, penarikan atau detasemen, kurang konsentrasi, mudah marah, gangguan tidur, agresi, kewaspadaan hiper (konsisten mencari peristiwa menyedihkan), atau kilas balik (arti bahwa acara reoccurring). Trauma mental terutama ditandai oleh ketakutan konstan. Ini bisa menjadi takut akan kematian orang yang dicintai, yang dapat disebabkan karena kontak langsung dengan peristiwa traumatik fisik seperti menembak, membunuh atau kecelakaan dll.
 Lantas yang menjadi pertanyaan besar adalah BAGAIMANA CARA MENYEMBUHKAN BAHKAN MENGHILANGKAN TRAUMA TERSEBUT??
Salah satunya adalah dengan cara MEDITASI.

Dalam sebuah artikel “Meditasi : Sebuah Jalan Menghilangkan Trauma Masa Lalu” yang ditulis oleh Indscript Creative
menjelaskan bahwa berMEDITASI akan membantu menghilangkan trauma itu sendiri karena Anda akan dituntut untuk berdamai dengan diri sendiri apapun masalah yang Anda hadapi. Meditasi membimbing Anda menuju jalan terbaik yang harus dituju dan memberikan pengaruh positif pada keadaan di masa yang akan datang. Meditasi membuat Anda menganggap persoalan bukan sesuatu yang harus Anda sesali, melainkan tantangan yang harus Anda lalui. Meditasi mampu membuat Anda kembali mencintai diri sendiri, mendekatkan diri pada Tuhan, dan mengubah hidup Anda lebih positif.Mengapa meditasi bisa mengubah trauma menjadi lebih positif? Sebab, meditasi membantu Anda melalui aktifitas menenangkan pikiran dan tubuh melalui pernafasan yang mendorong gelombang otak menjadi lebih tenang. Meditasi membuat Anda fokus pada masa kini, bukan masa lalu ataupun masa depan. Ketika ketenangan sudah Anda dapatkan, maka Anda akan lebih menikmati hidup yang Anda jalankan saat ini.

Salah seorang yang telah mencobanya adalah Adjie Silarus, Meditator yang sukses menyembuhkan masa lalunya yang buruk melalui metode meditasi yang dilakukan terus menerus. Adjie bisa mencapai titik bahagia bukan karena apa yang akan dia dapatkan di masa depan, tetapi karena apa yang sudah dia dapatkan sekarang dan apa yang telah dia lakukan untuk mengikis trauma masa lalunya. Bahagia bukan semata-mata sebagai akibat tapi bahagia pun menjadi sebab.

Menurut Adjie Silarus, meditasi bukan saja mampu membantu Anda melepaskan diri dari trauma masa lalu, kecemasan serta ketakutan akan hal-hal yang belum tentu terjadi tetapi juga akan menuntun Anda meraih ketenangan, optimistis, dan mengubah pikiran negatif menjadi positif.

Dan melalui program Personal Branding Agency ini, Adjie Silarus membagikan ilmu seputar Meditasi dan Psikologi dalam bentuk pelatihan, seminar, dan konsultasi. Kunjungi Facebook di Adjie Silarus Meditator dan juga mem-follow akun twitter @AdjieSilarus untuk berkonsultasi, bertanya, atau sekedar menyapa.

Komentar

  1. tertarik pingin baca, tapi tulisan nya kecil2 kali mbak. salam kenal aja ya

    BalasHapus
  2. waduhh... maaf, mbak...
    lupa belum saya edit...
    #tepokjidat

    by the way, makasih atas kritik dan sarannyaa....

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer